KDS “Ujung Tombak penyebaran informasi HIV dan AIDS”

KDS “Ujung Tombak penyebaran informasi HIV dan AIDS”

Hidup sebagai ODHA (Orang dengan HIV dan AIDS) tidaklah mudah. Masih tingginya stigma dan diskriminasi menjadi alasan kenapa teman-teman ODHA enggan membuka diri di masyarakat akan penyakit yang sedang di deritanya, sehingga banyak dari mereka mencari solusi untuk masalah-masalah yang dihadapinya di KDS.

Sebenarnya, Apa sih KDS itu?. KDS (kelompok Dukungan Sebaya) adalah sebuah wadah yang di bentuk oleh teman-teman ODHA yang bertujuan untuk mendukung dan berbagi informasi kepada teman-teman sebaya lain yang baru mengetahui status HIV-nya.

Sebaya di sini diartikan dengan senasib atau sepenanggungan (sama-sama hidup dengan HIV/AIDS), atau pun memiliki latar belakang faktor resiko infeksi yang sama seperti (pengguna narkoba suntik [penasun] dan pasangan, melalui transmisi seksual [pekerja seks, Gay, waria dan transgender]).

Bukankah seseorang akan merasa nyaman bila ia berbagi cerita dengan orang-orang memliki latar belakang yang sama?. Sebagai contoh; seorang WARIA mungkin kurang nyaman bila berbagi cerita dengan PENASUN, atau seorang PEKERJA SEKS pasti akan merasa risih bila berbagi dengan seorang GAY. Mungkin nanti proses diskusinya jadi kurang nyambung kali ya!”

Di Tangerang sendiri setidaknya sudah ada lima KDS yang masih aktif melakukan kegiatan-kegiatannya. Berikut saya lampirkan profil singkat KDS-KDS tersebut, siapa tahu teman-teman ada yang membutuhkan.

  1. KDS RUMAH KITA. Kebanyakan anggota KDS ini adalah ODHA yang telah memiliki keluaraga (istri dan anak). Sekretariat : Jl. Cemara I No.1 Perumnas I Tangerang-Banten. Cp : Zen Munandar-
  2. KDS PERWATA (Perkumpulan Waria Tangerang) Anggota KDS ini adalah waria-waria yang bertempat tinggal di wilayah Tangerang. Sekretariat : Cikokol-Tangerang. Cp : Reza-(021) 94932494
  3. KDS EDELWEISS. KDS ini beranggotakan hampir sama dengan KDS RUMAH KITA. Cp: Rochmah- (021)-94531631
  4. KDS TANGERANG SUPPORT GROUP (TSG). Anggota KDS ini adalah teman-teman PENASUN yang telah mengkases layanan Metadon (Opiat sintetis sebagai terapi substitusi heroin/putaw) di PKM Cibodasari Tangerang. Sekretariat : Jl Prambanan raya No.8 Perumnas II Tangerang. Cp : Andi B- (021)-94869669
  5. KDS KOMUNITAS METDADON KABUPATEN TANGERANG (KMKT). Anggota KDS ini sama dengan TSG, namun mereka mengkses layanan Metadon di PKM Jalan Emas.Sekretariat : PKM Jalan Emas-Perumnas II Tangerang. Cp: Faisal-085782775827

Namun pada dasarnya, semua KDS diatas terbuka bagi siapa saja yang ingin mencari tahu dan membutuhkan informasi terkait HIV dan AIDS. Mereka pun selalu terlibat aktif bersama pemerintah dan organisasi-organisasi kemasyarakatan lainnya di Tangerang dalam kegiatan-kegiatan penanggulangan epidemi ini.

Apabila teman-teman memiliki waktu luang, cobalah singgah ke alamat KDS-KDS diatas. Kita akan melihat bagaimana teman-teman ODHA masih bisa hidup dan produktif seperti manusia pada umumnya. Sama sekali tidak seperti paradigma yang terlanjur berkembang di masyarakat, Bahwa ODHA pesakitan yang hanya tinggal menunggu MATI.

Catatan:

Bila ingin berkunjung ada baik menghubungi kontak person diatas terlebih dahulu. Untuk mengkonfirmasi kedatangan dan mengikuti kegiatan-kegiatan mereka.

Post author

Leave a Reply