RIBUAN PELAJAR DAN PEMUDA WARNAI PERAYAAN HARI AIDS SEDUNIA 2014 KABUPATEN TANGERANG

RIBUAN PELAJAR DAN PEMUDA WARNAI PERAYAAN HARI AIDS SEDUNIA 2014 KABUPATEN TANGERANG
Dok KPA Kab. Tangerang
Dok KPA Kab. Tangerang

Semangat dan antusiasme sekitar 1500 orang remaja pelajar dan pemuda mewarnai perayaan Hari AIDS Sedunia (HAS) 2014 yang diselenggarakan di lapangan parkir Plaza Kutabumi, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang (Rabu, 17/12/2014).

Kegiatan yang diikuti oleh pelajar dari berbagai sekolah di sekitar kutabumi ini, berlangsung dengan sangat meriah. Diawali dengan jalan sehat, lomba spanduk, parade band dari masing-masing sekolah, foto selfphie dan grouphie, modern dance, bazaar dari komunitas populasi kunci, testimoni, pembacaan dan penandatanganan deklarasi, pemeriksaan VCT, penampilan kasidahan dari PERWARTA (Perwakilan Waria Tangerang), serta aneka doorprize.

Dengan mengusung tema “Listen To Understand” (mendengarkan untuk memahami), yang bertujuan mendorong para pelajar dan remaja untuk mengenal permasalahan HIV AIDS melalui kegiatan seni dan musik.

“Kami berharap dengan mendengar, para remaja dapat lebih memahami mengenai HIV AIDS, serta bagaimana cara memperlakukan ODHA (Orang Dengan HIV AIDS). Kami juga mengundang 10 parade band pelajar serta beberapa bintang tamu yang membawakan lagu-lagu bertemakan HIV AIDS”, ujar Ananto, selaku HUMAS pelaksana HAS 2014 dari Kumbang Center.

Dok KPA Kab. Tangerang
Dok KPA Kab. Tangerang

Acara berlangsung dari jam 06.30 hingga jam 2 siang, terlihat para pelajar ini antusias untuk mengikuti pemeriksaan HIV (VCT) yang dipandu tim konselor dan dokter dari PUSKESMAS Curug dan PUSKESMAS Mauk, para pelajar ini rela antri untuk memeriksakan diri mereka.

“Tujuan dari tes VCT ini adalah untuk mengetahui sejauh mana virus HIV ini menular dikalangan pelajar, dari semula kita menargetkan 50 orang ternyata melebihi dari target semula karena para pelajar ini sangat antusias mengikuti tes VCT walaupun awalnya mereka takut diambil darahnya”, tutur Diah, Konselor VCT dari PUSKESMAS Curug.

“Awalnya para pelajar ini takut dan tidak mengerti mengenai tes VCT, sehingga kita harus menjelaskan dulu kepada mereka, kemudian para pelajar ini sangat antusias mengikuti tes VCT ini, mereka ingin tau apakah ada virus HIV dalam tubuh mereka”, papar dokter Eka dari PUSKESMAS Mauk.

Dok KPA Kab. Tangerang
Dok KPA Kab. Tangerang

Rangkaian acara HAS 2014 ini merupakan bentuk kerjasama antara KPA Kab. Tangerang, DINKES Kab. Tangerang, serta Kumbang Center sebagai penanggung jawab acara. Kegiatan ini adalah bentuk dari kepedulian pemerintah dalam penaggulangan HIV AIDS yang memang sudah sangat memprihatinkan, karena HIV kini bukan lagi penyakit yang dibilang kotor, kini Ibu rumah tangga, anak-anak bahkan siapapun bisa tertular jika informasi pencegahan dan penularan tidak disosialisasikan semaksimal mungkin, sehingga masyarakat bisa memulai pencegahan yang berawal dari rumah sendiri (J.A/Ang.)

Berikut liputannya.

Post author

Leave a Reply