Buku Saku Pengobatan ODHA dan Komunitas

Buku Saku Pengobatan ODHA dan Komunitas
Dok foto IAC
Dok foto courtesy

ART (Anti Retroviral Treatment) merupakan salah satu upaya dalam mengurangi laju penularan HIV di masyarakat. Dampak tersebut akan terwujud jika dapat menjangkau 80% ODHA yang memerlukan ART. Idealnya semua ODHA yang memenuhi syarat terapi ARV (Anti Retroviral Virus) menjalankan pengobatan ini.

Pada saat sekarang kesenjangan pemberian ART ini masih tinggi dengan berbagai alasan, salah satunya karena masih kurangnya informasi yang benar tentang terapi ARV. Berdasarkan estimasi tahun 2012, sebanyak 178.631 ODHA memerlukan ART, namun hanya 139.623 yang masuk perawatan HIV dan diantaranya hanya 95.949 yang memenuhi syarat mendapatkan ART. Dari mereka yang memenuhi syarat ternyata hanya 71.760 yang pernah menerima ART dan hanya 37.166 orang yang masih bertahan mendapatkan ART.

Oleh karena itu buku ini disusun bersama Kementerian Kesehatan bersama-sama KPAN dan komunitas dengan tujuan menjelaskan semua aspek penting terkait terapi antri retroviral. Buku ini Cocok dibaca bagi yang baru terdiagnosa HIV (+), bagi yang ingin memulai pengobatan serta mereka yang sudah menjalankan ART.

http://www.iac.or.id/buku-saku-pengobatan-hiv-untuk-odha-dan-komunitas/#.VKuSqMmEPTM

Post author

Leave a Reply