URBAN ART FESTIVAL WARNAI MRAT 2015

URBAN ART FESTIVAL WARNAI MRAT 2015
Dok KPA Kab. Tangerang
Dok KPA Kab. Tangerang

Malam Renungan AIDS Nusantara (MRAN) adalah satu agenda acara tahunan yang digelar serentak diseluruh Dunia biasanya antara bulan Mei dan Juni. Di Indonesia kegiatan ini sudah ada semenjak tahun 1991, namun baru pada tahun 1996 penyelenggaraan MRAN menjadi meluas hampir keseluruh Provinsi di Indonesia.

Malam Renungan AIDS Nusantara ini bertujuan untuk menyatukan semua orang dalam memikirkan dan merenungi epidemi AIDS yang sudah banyak mengambil nyawa manusia di dunia. Dengan MRAN ini kita diajak juga untuk memberi dukungan kepada orang dengan HIV AIDS (ODHA) dengan tidak menstigma dan mendiskriminasi ODHA. Melalui malam renungan AIDS ini kita bukan saja diajak untuk peduli terhadap masalah HIV AIDS, melainkan untuk mengambil langkah-langkah strategis dalam penanggulangan.

Event MRAN 2015 Tangerang dilaksanakan pada hari Sabtu, 13 Juni 2015. Bertempat di Taman Prasasti PU, Jl. Kelapa Dua Raya Kecamatan Kelapa Dua Tangerang-Banten. Dengan tidak merubah makna yang sesungguhnya MRAN di Tangerang di rubah menjadi Malam Renungan AIDS Tangerang Raya (MRAT). Dengan melibatkan Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang dengan mengusung tema “Semangat bersama untuk masa depan gemilang”.

MRAT di gagas oleh komunitas peduli AIDS yang berada di Tangerang Raya, meliputi Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan. Mulai dari KDS Perwata, Edelweiss Pluss, Pelangi Tangsel, IPPI Prov Banten, Komunitas Metadon Kabupaten Tangerang (KMKT). Pagelaran seni MRAT ditampilkan ; Sirkus Perkusi, Teaterikal Boy Mihaballo, Tangerang Street Art forum (TSAF) Mural, Funkustik dan Komunitas Malam puisi Tangerang. Pengaturan instalasi ruang galeri terbuka oleh Edi Bonetski, serta turut didukung oleh Heartline Radio Network dan Tangguh Audio System (T.A.S).

Dok KPA Kab. Tangerang
Dok KPA kab. Tangerang

“Kegiatan ini bertujuan dalam rangka kilas balik upaya penanggulangan HIV AIDS, mempererat tali silaturahmi antar sesama ODHA yang ada diwilayah Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan, serta menanamkan rasa semangat dan kesadaran terkait pencegahan positif pada komunitas serta penggiat melalui Malam Renungan AIDS Tangerang Raya 2015”, ujar ketua kegiatan MRAT, Ade Jaya Permana.

Sebelum puncak acara, pada hari Kamis, 11 Juni 2015 dilakukan juga kegiatan kampanye pencegahan HIV AIDS dan informasi MRAT 2015 yang bekerjasama dengan Heartline Radio Network dimana komunitas atau Kelompok Dukungan Sebaya (KDS) diundang sebagai narasumber untuk mengisi acara yang disiarkan secara OnAir.

MRAT 2015 dibuat dengan design suasana open gallery, yaitu suasana galeri terbuka dengan sajian poster, mural, pohon harapan dan art design lainnya. Dengan suasana yang menarik bertaburkan cahaya obor, lilin serta lampu spot yang menuju titik benda yang dipamerkan ini, diperkirakan mencapai 200 masyarakat umum melihat ruang pameran terbuka tersebut, pagelaran pentas seni dan teaterikal pun disajikan dalam ruang galeri terbuka, serta memperkenalkan icon kampanye Pitrah (Pita Merah).

Dok KPA Kab. Tangerang
Dok KPA Kab. Tangerang

Kegiatan ini dimulai pukul 17.00 WIB, diawali dengan pembagian 200 mawar kepada masyarakat sekitar sebagai bentuk menolak Stigma dan Diskriminasi, Tangerang Street Art for Mural (TSAF) mengambarkan tema penanggulangan HIV AIDS. Art instalasi Edi Bonetski berserta Sirkus Perkusi dan Teaterikal Boy Mihaballo menjadi suguhan yang menawan di malam MRAT, disambut oleh Funkustik dan Komunitas Malam Puisi Tangerang menjadikan suasana lebih menyenangkan. Dimalam MRAT juga sebagai moment untuk  penyerahan pemenang lomba blog pelajar dan mahasiswa, serta pembagian doorprize untuk masyarakat.

drg.Hj.Naniek Isnaini,M.Kes selaku Kepala Dinas Kesehatan Kab. Tangerang menyampaikan, “dalam malam renungan ini kita mempunyai pemasalahan yang sama, dan semangat yang sama, sehingga bagaimana kita bisa mengendalikan HIV AIDS di Tangerang Raya, dan saya juga berterima kasih kepada aktivis pemerhati AIDS, sehingga bisa membuat acara yang sangat unik serta ada galeri dan foto-foto yang di tampilkan”.

Dok KPA Kab. Tangerang
Dok KPA Kab. Tangerang

Di puncak acara, ikrar bersama komunitas peduli AIDS yang bernuansa bertaburan lilin, menambah hikmat suasana MRAT 2015, menuju penghujung acara nyanyian bersama lilin-lilin kecil dan usah kau lara sendiri yang dilantunkan oleh seluruh peserta yang ada dalam galeri terbuka tersebut, dan di penghujung acara penutup, tampil secara dadakan Beatbox oleh Jurex untuk menghibur seluruh crew dan penggagas acara.

Stake holder yang hadir di Malam Renungan AIDS Tangerang (MRAT), drg.Hj.Naniek Isnaini,M.Kes selaku kepala Dinas Kesehatan Kab.Tangerang, Efi Indarti,SKM,M.Kes selaku Sekretaris KPA Kab.Tangerang, Dadang Sudrajat,S.Sos,MM,M.si selaku Lurah Kelapa Dua dan Muspika yang mewakili Danramil Kelapa Dua.

[A.K/H.I/J.A]

Post author

Leave a Reply