Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan dan Kelompok kerja Program Keluarga Harapan Ikut Berperan Dalam Pencegahan dan Penanggulangan HIV AIDS

Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan dan Kelompok kerja Program Keluarga Harapan  Ikut Berperan Dalam Pencegahan dan Penanggulangan HIV AIDS

 

Rabu, 21 September 2016, KPA bekerjasama dengan Dinas Kesejahteraan Sosial Kabupaten Tangerang dalam pencegahan dan penanggulangan AIDS pada kelompok sasaran masyarakat umum dan pemuda, sebanyak 20 orang TKSK & PKH dari 10 kecamatan ditambah 10 orang tenaga kesehatan yang memegang program HIV di Puskesmas.

Kegiatan yang dikemas dalam bentuk workshop ini, dilaksanakan di ruang pertemuan RM Remaja Kuring Jatiuwung Tangerang. “Oleh karena itu seseorang atau manusia jangan sampai kosong Iman, kosong ilmu, dan kosong perut. Manakala ketiga kekosongan tersebut ada di diri seseorang, apapun bisa terjadi termaksud HIV AIDS”, tutur H. Endang Waryo S, selaku Kabid Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial dalam sambutannya.

Dok KPA Kab. Tangerang
Dok KPA Kab. Tangerang

Para Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dan Program Keluarga Harapan (PKH) yang hadir dalam kegiatan tersebut sangat antusias, “selama saya bekerja, baru kali ini langsung terpapar permasalahan HIV”, ungkap salah satu peserta yang hadir.

Menurut Sekretaris KPA Kabupaten Tangerang Efi Indarti,SKM,M.Kes, “Tujuan dari kegiatan yang melibatkan kepemudaan dibawah koordinasi Dinkesos ini yaitu : (1)Memberikan pemahaman kepada kelompok masyarakat dan pemuda terkait IMS, dampak buruk penggunanan Napza dan HIV AIDS, sehingga mau terlibat dalam upaya pencegahan dan penanggulangan, (2)Mendorong terbentuknya sebuah rencana kerja strategis di kelompok pekerja sosial masyarakat”, pernyataaan Efi.

Kegiatan yang dimulai pukul 08.30 WIB dan selesai pukul 15.00 WIB membuat Ibu Sekretaris KPA sangat terkesan. “Ini yang saya harapkan, masyarakat dan para pemuda mau bersatu dalam penanggulangan HIV AIDS dan kedepannya secara individu dan keorganisasian akan menentukan sikap untuk terlibat dalam upaya pencegahan dan penanggulangan dengan prinsip pemberdayaan masyarakat”, ujar Ibu Sekretaris.

[Angga Kristian]

 

Leave a Reply