PAHAMI MAKA KAMU AKAN PEDULI

PAHAMI MAKA KAMU AKAN PEDULI

Sabtu, 17 Desember 2016 dijadikan momentum peringatan Hari AIDS Sedunia (HAS) di Kabupaten Tangerang, bertempat di The Breeze BSD. Peringatan HAS kali ini bertemakan “PAHAMI MAKA KITA AKAN PEDULI”… dan.. “STRONGER WITH KNOWLEDGE” dimana pengetahuan adalah senjata untuk bisa memproteksi diri agar tidak tertular dari HIV.

Acara kegiatan yang dimulai dari pukul 14.30–16.30 menampilkan performa kolaburasi kelompok-kelompok seniman di Tangerang raya yang tergabung dalam Silahturahmi Kesenian Tangerang (SIKAT) yang terdiri dari komunitas Karinding, Emperan Pamulang (empang komunitas) dan Biola tunggal Abu Bakar  menjadi sebuah “ORKESTRA” dengan music  director Edi Bonetski. Kegiatan ini juga dihadiri dari berbagai SKPD dan Komunitas Penggiat HIV AIDS se-Kab. Tangerang.

Kegiatan yang di pandu oleh Merry Gunawan dan Adi Josen, menjadi bertambah meriahnya acara HAS yang di adakan oleh KPA Kab. Tangerang.

Dok KPA Kab. Tangerang. Serba-serbi HAS 2016
Dok KPA Kab. Tangerang. Serba-serbi HAS 2016

Efi Indarti selaku Sekretaris KPA Kab. Tangerang dalam kata sambutannya mengatakan. “Masih banyak masyarakat yang belum memahami HIV AIDS, serta masih tingginya stigma dan diskriminasi terhadap ODHA. Maka dari itu diharapkan dari acara ini, peran serta kita semua saat ini menjamin masa depan kita dan anak, cucu kita nantinya. Kalau buka kita yang mencegah, siapa lagi?, kalau buka sekarang, kapan lagi”.

Penampilan Celebgram Rafi Athala yang diiringi oleh ORKESTRA SIKAT, dan gerak Flash Mob dari Relawan Peduli Kespro dan HIV (REPLIKA) yang merupakan kelompok muda yang concern di isu ini, dan pembacaan puisi yang ada dalam buku novel teenlit I’am HIV AIDS, so what? puisi yang berjudul “Harapan adalah Surga di Ujung Jalan”, mejadi daya tarik dari peringatan Hari AIDS Sedunia 2016 di The Breeze BSD.

Talk show live di dipanggung utama The Breeze, menampilkan Dr.Santoso,SpKK yang merupakan permerhati HIV dan juga staf ahli Kemenkes, Winda Yps yang merupakan penulis buku novel teenlit “I’am HIV AIDS, so What?”, dan Nisha yang merupakan perwakilan Ikatan Perempuan Positif Indonesia. Diskusi menarik ini akan sangat mengedukasi pengunjung yang hadir di The’Breeze.

Peringatan HAS 2016 ini juga dijadikan moment Launching buku teenlit “I’am HIV AIDS, so what?”. Merupakan kumpulan cerita-cerita pendek tentang orang yang terinfeksi HIV dan berjuang untuk bisa lebih baik menghadapi kehidupan. Secara keseluruhan event ini dikemas dengan tema edutaiment, tersedia booth pojok informasi dari Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Tangerang.

“Buku ini adalah bentuk kepedulian saya pada teman-teman ODHA. Dalam memerangi stigma dan diskriminasi yang terbentuk dalam masyarakat.Dan saya tulis kembali dalam bentuk cerita pendek. Agar kiranya masyarakat awam lebih banyak tahu dan paham tentang HIV dan AIDS”. Papar Winda sang penulis yang biasa di panggil Tamara.

“Harapan saya agar buku ini dapat membantu teman-teman aktivis dan relawan, agar lebih mudah dalam mensosialisasikam program-program kesehatan reproduksi di masyarakat, terutama remaja”. Imbuh Tamara.

Kegiatan HAS KPA Kab. Tangerang tahun 2016 ditutup dengan penampilan dari Edi Bonetski dan Rafi Athala.

(A.K/H.I)

Leave a Reply