Relawan Perduli HIV AIDS Kabupaten Tangerang, Season 2

Relawan Perduli HIV AIDS Kabupaten Tangerang, Season 2

 

Mencermati data Dinas Kesehatan kasus tahun 1998 sampai periode akhir Desember tahun 2016, angka temuan kasus HIV adalah 881 HIV dan 337 AIDS, total kumulatif kasus adalah 1218 kasus HIV AIDS. Hasil analisa data untuk  tahun 2016 temuan kasus dua kali lipat (100%) dari tahun 2015 dengan faktor resiko Lelaki Seks Lelaki (LSL) yang tertinggi, faktor resiko heterokseksual peringkat kedua, dan yang menjadi perhatian adalah kasus remaja cukup besar ditemukan pada tahun 2016.  Sebaran kasus HIV AIDS telah masuk di 29 kecamatan yang tersebar di kabupaten Tangerang, berarti semua kecamatan wilayah kabupaten tangerang sudah ditemukan kasus HIV.

Data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang pada tahun 2016, terhadap angka kasus HIV yang teridentifikasi berdasarkan status pekerjaan serta kategori usia, memiliki kecendrungan untuk masuk pada kelompok pekerja buruh, sopir, aparatur pemerintah dan mahasiswa. Angka usia produktif yang seharusnya terproteksi dari kemungkinan penyebaran Infeksi Menular Seksual (IMS) dan HIV. Karena kendala keterbatasan akses informasi, memungkinkan kelompok ini menjadi kelompok terdampak, dan kembali menyebarkan kepada kelompok populasi umum yaitu kaum wanita (ibu) dan anak (balita). Kewaspadaan kepada kelompok usia remaja juga harus menjadi perhatian penting karena angka temuan IMS telah ada dikalangan remaja (pelajar).

Kegiatan penerimaan relawan peduli HIV-AIDS akan dibuka oleh KPA Kabupaten Tangerang pada tanggal 1 May 2017 s.d 31 Juni 2017 dan merupakan upaya yang akan dilakukan dalam upaya Penanggulangan HIV AIDS di Kabupaten Tangerang.

Sebelumnya pada bulan September 2016 KPA Kabupaten Tangerang sudah membentuk Relawan dengan nama REPLIKA (Relawan Peduli Kespro dan AIDS). Dengan dibukannya pendaftaran relawan season 2 tahun 2017 ini, diharakan antusias masyarakat sangat positif, sehingga Penanggulangan HIV AIDS bisa lebih menyeluruh dan maksimal.

Informasi rekrutmen relawan Penanggulangan dan Pengobatan HIV-AIDS Kabupaten Tangerang

Tujuan dari program relawan adalah untuk memberikan kesempatan kepada kelompok masyarakat untuk menjadi bagian dari Penanggulangan HIV AIDS Kabupaten Tangerang. Program ini terutama ditujukan untuk tenaga pengajar, mahasiswa, pelajar, remaja umum setempat dan/atau orang yang hidup dengan atau terinfeksi oleh HIV.

Sebagai sukarelawan di Penanggulangan HIV AIDS Kabupaten Tangerang, Anda akan memiliki kesempatan untuk berkontribusi secara signifikan terhadap keberhasilan Penanggulangan HIV AIDS di Kabupaten Tangerang, membangun jaringan baru dengan orang-orang yang bekerja dalam bidang penanggulangan HIV AIDS, berbagi pengalaman dengan mereka yang memiliki minat yang sama, belajar keterampilan baru, dan terutama mendapatkan informasi mengenai perkembangan terbaru dalam perawatan, pencegahan dan dukungan terhadap HIV AIDS.

Sukarelawan merupakan salah satu sumber daya yang berharga bagi Program Penanggulangan HIV AIDS dan akan terlibat secara aktif pada setiap program kegiatan yang dilakukan oleh Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Tangerang bahkan akan diikutsertakan kegiatan kegiatan pencegahan HIV AIDS yang dilakukan oleh SKPD terkait. Keberagaman latar belakang dan keterampilan calon sukarelawan akan menjadi warna yang memperkaya metode Penanggulangan HIV AIDS di Kabupaten Tangerang.

Syarat-syarat umum calon sukarelawan :

  1. Relawan berasal dari Propinsi Banten
  2. Usia 17 sampai 40 tahun.
  3. Pengajar, Mahasiswa, Pelajar, komunitas, Remaja, Penggiat kemasyarakatan dan Masyarakat Umum
  4. Mampu berkomunikasi dengan baik dan bekerjasama dalam tim
  5. Memiliki wawasan tentang Kabupaten Tangerang
  6. Berkomitmen tinggi untuk terlibat selama pelaksanaan kegiatan Penanggulangan HIV AIDS di Kabupaten Tangerang
  7. Memiliki empati dan pemahaman tentang isu-isu yang mempengaruhi orang yang hidup dengan HIV
  8. Bersedia untuk berpartisipasi dalam orientasi/pelatihan sebelum kegiatan
  9. Membuat cerita (biografi) tentang diri sendiri. Minimal 300 kata dengan format word
  10. Wajib mengikuti seluruh media online (Fanpage dan Twitter) yang dimiliki KPA Kabupaten Tangerang

Adapun bidang-bidang atau kriteria yang membutuhkan perhatian relawan adalah:

  1. Program Pendidikan (S1, D3 dan SLTA).
  2. Program Kesehatan.
  3. Program Kemasyarakatan.

Kontraprestasi bagi Relawan :

  1. Relawan akan memiliki akses ke dalam area program-program Penanggulangan dan Pengobatan HIV-AIDS Kabupaten Tangerang.
  2. Relawan akan menerima Sertifikat Penghargaan yang ditanda tangani oleh Ketua Pelaksana Penanggulangan dan Pengobatan HIV-AIDS Kabupaten Tangerang.
  3. Relawan akan mendapatkan pelatihan secara komprehensif dan sesi briefing untuk pembekalan.

Calon relawan yang tertarik untuk berpartisipasi dapat mengajukan pendaftaran secara online melalui website resmi KPA Kabupaten Tangerang. Pengajuan aplikasi akan melalui proses seleksi dengan mengacu pada persyaratan yang  berlaku. Pemberitahuan bagi calon relawan yang terpilih akan disampaikan melalui email dan telfon.

Periode pendaftaran relawan dibuka pada tanggal 06 May 2017 s.d 31 Juni 2017. Pengajuan formulir pendaftaran relawan WAJIB diajukan secara online dan dikirim ke email kpakabupatentangerang@gmail.com

Bagi Relawan yang terpilih akan mengikuti pembekalan pelatihan pada tanggal 11 dan 12  Juli 2017.

Info lebih lanjut :

Kantor               (021) 5589789

Angga Kristian   085319025694

Eko Darmawan  081513462888

Form pendaftaran

Leave a Reply